Spanyol, negara Eropa yang paling parah dilanda Corona setelah Italia, mengatakan bahwa alat tes yang dibelinya dari China gagal mendeteksi kasus positif

Tentara Spanyol Menjaga RS Darurat
Spanyol mengatakan menemukan bahwa alat tes cepat virus corona (Rapid Test) yang dibeli dari China tidak secara konsisten mengidentifikasi kasus positif dan akan mengembalikannya ke pabrik.

Spanyol sekarang memiliki lebih dari 4.000 kematian akibat virus korona, yang terbesar kedua di dunia.

Surat kabar Spanyol El País melaporkan bahwa ahli mikrobiologi menemukan bahwa alat tes yang dibelinya dari sebuah perusahaan Cina bernama Bioeasy hanya dapat mengidentifikasi kasus virus sekitar 30% saja.

Otoritas kesehatan telah diberitahu bahwa tes tidak boleh digunakan, dan kepala pusat koordinasi kesehatan-darurat Spanyol mengatakan mereka akan dikembalikan, El País melaporkan.

Kedutaan Besar Tiongkok di Spanyol mengatakan bahwa tes Bioeasy bukan bagian dari sumbangan medis China dan bahwa perusahaan itu tidak memiliki lisensi untuk menjual produk-produknya.

Pakar mikrobiologi di Spanyol mengatakan bahwa tes coronavirus cepat yang dibeli negara itu dari Cina tidak secara konsisten mendeteksi kasus positif.

Kesalahan itu ditemukan saat Spanyol dalam cengkeraman salah satu wabah koronavirus terburuk di dunia, nomor dua setelah Italia dalam jumlah kematian yang dilaporkan.

Studi pada tes yang dilakukan di Spanyol menemukan bahwa mereka hanya memiliki sensitivitas 30%, yang berarti mereka benar mengidentifikasi orang dengan virus hanya 30%, sumber mengatakan kepada surat kabar Spanyol El País.

Sumber-sumber mengatakan kepada surat kabar bahwa tes harus memiliki sensitivitas lebih dari 80%. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mengatakan tes cepat untuk influenza harus memiliki sensitivitas 80%.

Tes cepat bisa mendapatkan hasil dalam hitungan menit tetapi umumnya kurang akurat dibandingkan tes lainnya. Banyak perusahaan di seluruh dunia yang memproduksinya.

Studi-studi mendorong Masyarakat Spanyol untuk Penyakit Menular dan Mikrobiologi Klinis untuk secara resmi merekomendasikan untuk tidak menggunakan tes ini, El País melaporkan. Petugas kesehatan sekarang harus menggunakan tes lain yang membutuhkan waktu lebih lama untuk memberikan hasil.

Fernando Simón, direktur pusat koordinasi darurat kesehatan Spanyol, mengatakan pada hari Kamis bahwa Spanyol memeriksa 9.000 tes, menemukan bahwa hasil mereka tidak cukup konsisten, dan memutuskan untuk mengembalikannya.

Seorang dokter di garis depan perjuangan melawan coronavirus di Spanyol.
Seorang dokter di garis depan perjuangan melawan coronavirus di Spanyol. Getty
Kementerian kesehatan Spanyol mengkonfirmasi hasil studi ke dalam tes untuk El País, dengan juru bicara mengatakan Carlos III Health Institute, sebuah lembaga kesehatan masyarakat yang melapor kepada pemerintah, "mendeteksi sensitivitas yang tidak sesuai dengan apa yang didirikan di lembar teknis. "

Juru bicara itu mengatakan bahwa institut itu menarik kiriman tes yang dikirim ke Madrid. Tes baru yang disetujui oleh pemerintah akan diluncurkan sebagai gantinya, katanya.

Tes tersebut digunakan di wilayah Andalusia dan Galicia, dan tes tersebut pertama kali digunakan di wilayah Madrid pada hari Rabu.

Penundaan pelaksanaan tes baru akan semakin merusak upaya Spanyol untuk menahan virus, yang telah menewaskan lebih dari 4.000 orang di negara itu pada Kamis pagi.

Tes tersebut dilakukan oleh perusahaan bioteknologi Tiongkok bernama Bioeasy, lapor El País. Negara-negara lain, termasuk Georgia, telah membeli tes perusahaan.

Kedutaan Besar Tiongkok di Spanyol mengatakan di Twitter pada hari Kamis bahwa pasokan medis yang disumbangkan Tiongkok ke negara lain tidak termasuk produk Bioeasy.

Dikatakan bahwa Kementerian Perdagangan China memberi Spanyol daftar pabrikan dan bahwa Bioeasy tidak ada di antara mereka, menambahkan bahwa ia belum diberi lisensi dari Administrasi Produk Medis Nasional China untuk menjual produk-produknya.

Orang-orang di balkon di Barcelona pada 15 Maret.

Orang-orang di balkon di Barcelona pada 15 Maret. David Ramos / Getty Images
Pada hari Senin, Spanyol mengatakan menerima 640.000 alat uji cepat dari Cina dan Korea Selatan; tidak jelas berapa banyak yang diproduksi oleh Bioeasy.

Para profesional medis di Republik Ceko juga mengatakan bahwa tes cepat dari Tiongkok tidak berfungsi dengan baik, tetapi tidak jelas apakah tes ini juga dilakukan oleh Bioeasy.

Spanyol telah dirusak oleh wabah virus yang berasal dari Cina pada akhir 2019. Kasus-kasus Spanyol telah meningkat menjadi lebih dari 56.000, yang tertinggi keempat di dunia, di belakang China, Italia, dan AS.

Karena wabah telah melambat di Cina - yang sering melaporkan tidak ada kasus domestik harian baru - negara telah mengirim pekerja medis dan menyumbangkan peralatan medis seperti masker dan tes ke negara lain.

Posting Komentar

0 Komentar