Dibalik Musibah KRI Nanggala 402 Dan Kisah Sedih Komandan Kapal Selam Sebelumnya, Kolonel Iwa Kartiwa, SH Adik Kandung Irjen Pol ( Purn) Anton Charliyan Yang Saat ini Terbaring Sakit

Bandung, Suaraperjuangan.id - Mantan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol (Purn) Dr. H.Anton Charliyan,MPKN sempat meneteskan air mata tatkala mengetahui dari pemberitaan media bahwa kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan hilang dan Tenggalam, pada Rabu (22/4/2021) .

Kapal buatan Jerman ini dinyatakan hilang kontak saat melakukan latihan menembak torpedo di laut utara Bali. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Minggu petang, menjelaskan bahwa seluruh awak kapal KRI Nanggala-402 yang berjumlah 53 dinyatakan gugur, Minggu (25/4/2021) sore.


 Lokasi tenggelam melebihi 800 meter dan seluruh awak dinyatakan gugur. 
"Inna lillahi wainnailaihi roji’un, kamipun sekeluarga, turut berduka cita atas musibah tenggelamnya KRI Nanggala 402, Dengan gugurnya 53 Putera Bangsa Prajurit TNI AL Terbaik.  menghadap Al Khaliq.Semoga Khusnul Khotimah dan semua  mendapat surga-Nya.   Allahumma ighfir lahum,Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan, kesabaran dan ketabahan dlm menghadapi Ujian dari Nya, Amin YRA",  Ungkap Abah Anton yang juga Panggilan akrab Anton Charliyan.


Abah Anton mengatakan juga, bahwa : "Musibah ini mengejutkan kita semua. Tidak hanya keluarga 53 awak kapal, keluarga Hiu Kencana, maupun keluarga besari TNI Angkatan Laut, tapi juga seluruh rakyat Indonesia," kata mantan Kapolda Jawa Barat tersebut yang juga Dewan Pembina Pimpinan Pusat Ormas Setya Kita Pancasila. 


Selain turut berduka cita yang sedalam dalamnya atas tenggelam KRI Nanggala 402 dan gugurnya 53 prajurit terbaik TNI AL ini. Anton Charliyan punya cerita tersendiri dengan kapal selam buatan Jerman ini. Betapa tidak ?! Karena Komandan Kapal Selam sebelumnya adalah Kolonel Iwa Kartiwa,  SH "Adik kandung nya sendiri "yang menjabat sebagai Dan Satsel 2016 - 2019, asli orang Tasikmalaya".


" Adik saya Kolonel  Iwa Kartiwa,SH adalah penerima langsung 2 buah Kapal Selam terbaru dari Korea. Bahkan ikut ke Korea selama 3 tahun".


" Alhamdulillah adik saya juga yang berhasil menyelenggarakan Konfrensi Kapal Selam International Asia Facifik pertama di Indonesia". 



Dewan Pembina Pimpinan Pusat Setya Kita Pancasila Anton Charliyan menyampaikan juga bahwa, Ketika Terjadi Musibah Adiknya hanya bisa menitikan Air mata karena semua yang Gugur adalah mantan anak buahnya yang sudah sangat dekat bagai Keluarga sendiri , Namun sayang saat ini adiknya Kolonel Iwa Kartiwa SH, hanya bisa terbaring Lemah tidak berdaya ditempat tidur karena sakit , menurut Diagnosa Dokter paru parunya keracunan Metal/ Mercury. Atau bisa juga Kemungkinan Terlalu banyak mengisap CO2 ( Karbon ) karena ketika suatu waktu ada trouble mesin mati atau Batrai listrik mati di Kapal Selam,  maka bila oksigen tidak cukup , yang Terhisap awak kapal adalah Karbon, dan itu bisa terjadi selama dinas secara Terus menerus selama bertahun-tahun.



Ketika awak Media Suara perjuangan.id menanyakan kondisi terakhir Kolonel Iwa Kartiwa SH saat ini, abah Anton menjawab singkat dengan menarik nafas panjang :  yaaaa Bicara aja susah,  apalagi untuk  bisa jalan, sangat memprihatinkan kondisinya,  badannya  kurus kering, mungkin tinggal 40 kg . Sehingga tidak lagi mampu berdinas, Padahal masa dinasnya masih 6 tahun.Yaa Sekarang hanya bisa terbaring lemah di tempat tidur aja.



Demikian juga Pengantinya Kolonel  Jefri bernasib lebih Tragis lagi, meninggal pada saat latihan Simulasi tahun 2020 tidak bisa Keluar dari Kapal , Itulah salah satu bagian dari pengorbanan dan resiko para awak kapal selam Indonesia sebagai prajurit prajurit terbaik untuk Bangsa dan Negara...."ungkap abah Anton Charliyan. 



"Karena ketika kapal mulai menyelam , saat itu menurut istilah para Awak , mereka masuk Kuburan, tidak ada satu lubang jalan pun untuk bisa keluar,  hanya tekad dan pengabdian yg tinggi kepada Bangsa dan Negaralah yang membuat mereka tetap semangat untuk bisa bertahan melaksanakan tugas", sehingga tradisi religius di lingkungan para prajurit Pasukan Khusus Satsel ini sangat kuat sekali, mereka senantiasa rajin beribadah, rajin puasa,  Senin dan Kamis Ngaji. 


Hal tersebut  bukan pemandangan yang aneh khususnya bagi yang beragama Muslim.Karena ketika Kapal mulai menyelam,  bila terjadi  trouble sedikit saja, sama juga berhadapan dengan kematian.Bila prajurit lain di darat atau di udara, masih ada kemungkinan lain untuk selamat atau melarikan diri.Kalau di Kapal Selam mau lari kemana ??? Artinya Mereka Sadar betul bahwa setiap langkah tugas di kapal selam akan senantiasa berhadapan dengan maut.


Itulah sekelumit suka duka dan pejuangan Pasukan Khusus Kapal Selam yang sekarang kita saksikan telah gugur sebagai syuhada Bangsa dan Negara.
Saya bisa berceritera begini karena menyaksikan langsung kehidupan adik kandung saya sendiri Kolonel Iwa Kartiwa yang merupakan Pasukan Khusus Kapal Selam daripertama Tugas"tambahnya. 



Lebih jauh awak Media Suaraperjuangan
.id  tanyakan jabatan apa sekarang yang diembannya ? : "Tidak punya jabatan lah kan sakit. Jangankan berpikir jabatan untuk Bisa Sehat aja sudah merupakan suatu Muzijat yg Luar biasa. Kita semua Keluarga dan juga fihak Dinas AL telah maximal, terus berusaha untuk  mengobati , tapi sepertinya sakitnya agak cukup Sulit untuk  Diobati.



 Kalau sudah begini Tidak perlu bermimpi tentang Pangkat dan Karier, yaaa Rejekinya mungkin cukup hanya sampai Kolonel saja,  yang penting sekarang mah doakan saja bisa sehat lah. udah lebih dari cukup,jelas abah Anton dengan nada sedih. 



"Bila kita lihat Ceritera diatas Tugas sebagai  Prajurit di Kapal Salam Sungguh Merupakan Tugas Negara yg sangat Berat dan Beresiko sangat Tinggi. Dimana setiap saat berhadapan dengan Maut, bahkan bila bisa Beresiko sakit Berat".


Dengan Gaji dan fasilitas pegawai BUMN saat ini. Walaupun sama-sama berat tapi mereka tidak k berhadapan langsung  dengan  keselamatan jiwa dan raganya. Kesejahteraan  Awak kapal Selam tidak sampai 1/4 nya,  pasti lebih besar BUMN.



Padahal Pasukan Kapal Selam ini,  sebagaimana kita saksikan Bersama, setiap bertugas menyelam dan  melangkahkan kaki langsung berhadapan dengan Maut. Yg setiap saat, setiap detik langsung mengancam Nyawa serta Keselamatan jiwa dan raganya. 

Sehingga dengan  Adanya Tragedi Nanggala  402 ini. Kami dari awak Media  berharap Negara bisa memperhatikan Nasib para Awak Kapal Selam ini dengan Extra Khusus. Bukan Artinya ingin Mengistimewakan, tapi melihat bobot dan Resiko Tugasnya yang  sedemikian Beratnya. 



Sangat wajar bila mendapatkan hal tersebut .Baik kehidupanya maupun Keluarganya.karena anggotanya seluruh Indonesia saat ini tidak banyak hanya 318 Orang.kemarin gugur meninggal 53,  berarti hanya tinggal 265 Orang.



Sebagaimana diketahui, bahwa KRI Nanggala-402 menjadi bagian utama dari alat utama sistem pertahanan (alutsista) Indonesia Keluaran thn 1981. KRI Nanggala-402 merupakan satu dari dua kapal selam tua buatan industri Howaldt Deutsche Werke (HDW),  Kiel Jerman. Dimana Alut Sista inipun merupakan Alut yg tidak bisa Tergantikan dengan  Alat alat  yang lain, tutup Irjen Pol (Purn) Dr. H.Anton Charliyan,MPKN. 

(Riyo E. Nababan) 

Posting Komentar

0 Komentar