Ketua Pansus Kehutanan DPRD Sumut Parsaulian Desak Gubsu Hentikan Perambah Hutan

Medan,suaraperjuangan.id -Ketua Pansus (Panitia Khusus) Kehutanan DPRD Sumut, Parsaulian Tambunan disidang paripurna kamis (24-06-2021) mendesak Gubsu dan aparat berwenang segera menghentikan seluruh kegiatan perambahan hutan yang makin merajalela di Sumatera Utara.

“Kita juga minta hentikan sementara kegiatan persorangan maupun korporasi yang diduga melanggar prosedur dan tanggungjawab dalam mengelola kawasan hutan,” tegas Parsaulian disidang paripurna itu yang  dihadiri Gubsu Edy Rahmayadi, Ketua DPRD Sumut, dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Menurut Parsaulian, upaya penghentian perambahan dan pengelolaan hutan yang menyalahi prosedur, perlu dilakukan terlebih terhadap sejumlah perusahaan yang sedang berkonflik dengan masyarakat.

Parsaulian menyebutkan, saat ini aksi perambahan hutan di sejumlah daerah di Sumut semakin merajalela, dan tidak terkendali.

“Sepertinya ada kekuatan lain yang lebih dahsyat, selain kekuatan hukum yang berlaku,” ujarnya.

Bahkan, oknum-oknum tertentu tidak mengakui Pansus Kehutanan DPRD Sumut, yang dibentuk dalam rangka menyelamatkan hutan di Sumut.

Karenanya, Parsaulian mendesak Gubsu untuk memerintahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar serius mendukung dan memfasilitasi semua keperluan tim Pansus Kehutanan DPRD Sumut, seperti data, informasi yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas.

“Kita juga mendorong Pemprovsu duduk bersama dengan Tim Pansus bila perlu bersama-sama melakukan kunjungan ke Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk menyampaikan permasalahan maupun kendala yang terjadi dalam menyelesaikan masalah kehutanan,” katanya. (Mashuri L)

Posting Komentar

0 Komentar