Buah Perjuangan Bupati Taput, Proyek Pembangunan Jaringan Pipa Transmisi Air Baku Akan Selesai Tahun Ini


Taput,Suaraperjuangan.id - Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan M.Si didampingi Asisten II Marihot Simanjuntak, Kadis Perkim, Kadis PUPR, Direktuk PDM Mual Natio Taput dan beberapa Pimpinan Perangkat Daerah terkait bersama Pelaksana proyek Joko Simanjutak meninjau pembangunan jaringan pipa transmisi air baku di Dusun Tapian, Kelurahan Situmeang Habinsaran Kecamatan Sipoholon, Selasa (24/08/2021).

Pembangunan Jaringan Pipa Transmisi Air Baku Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara bersumber dari APBN melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat - Satuan Kerja Badan Wilayah Sungai Sumatera II (BWSS) bertujuan untuk mengatasi ketersediaan kebutuhan air baku dan mengatasi rawan air minum di tiga kecamatan yaitu Tarutung, Sipoholon dan Siatas Barita.

Selain pembangunan jaringan pipa transmisi, proyek ini akan membangun Bak Penampung (reservoar) sebanyak 2 unit, 1 unit berlokasi di Dusun Tapian Nauli Kec. Sipoholon dan 1 unit lagi berlokasi di Tangsi Kelurahan Hutatoruan VI Kecamatan Tarutung.


"Semoga pembangunan proyek ini dapat selesai sesuai target dengan hasil maksimal sehingga menjadi jawaban atas terjadinya krisis air bersih di tiga kecamatan yakni Sipoholon,Tarutung dan Siatas Barita",ucap Bupati Drs.Nikson Nababan,M.Si.


"Selain itu, kita juga masih mengusulkan pembangunan lanjutan, agar air baku ini segera diolah menjadi air bersih meliputi pembangunan IPA dan JDU. Saya akan tetap memperjuangkan hingga ke Pemerintah Pusat demi peningkatan kesejahteraan masyarakat Taput", jelas Bupati diakhir peninjauannya.


Pelaksana proyek, Joko Simanjutak menjelaskan kepada Bupati bahwa Jaringan Pipa Transmisi sepanjang 13,2 km dengan menggunakan Pipa  High Density Polyethylene (HDPE) Ø 400 mm dan Pipa GIP dengan target suplay air bersih adalah 100 L/det. "Seluruh pekerjaan intake, pipa transmisi dan reservoar kita perkirakan rampung November tahun ini, maka kita terus kebut item-item pekerjaan".


Kepala PDAM Mual Natio Lamtagon Manalu menjelaskan bahwa, yang dibangun sekarang masih air baku, maka diharapkan tahun depan akan dibangun pengolahan berupa Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan Jaringan Disitribisi Utama (JDU).


"Bapak Bupati telah mengusulkan Kedua proyek ini ke pemerintah pusat dalam beberapa tahun sebelumnya. Kita berharap ditengah recofusing anggaran hingga tahun depan, kondisi itu tidak menjadi pengganjal terhadap diakomodirnya usulan kita," jelas Lamtagon Manalu.

(Riyo E.Nababan)

Posting Komentar

0 Komentar