BBWSC diduga Tidak Becus Atasi Tanah Longsor Citarum


Bekasi,Suarapeejuangan.id – Terkait Tanah Longsor di wilayah Kp.Tapak Serang RT.05 / RW.003, Desa Lenggah Jaya, Kecamatan Cabang Bungin, Kabupaten Bekasi, bahwa diduga Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWSC) tidak becus mengatasi Tanah yang longsor di Citarum sampai saat ini menghantui Masyarakat tinggal di Bantaran Kali Citarum tersebut, pasalnya Tanggul / Tanah yang Longsor sampai saat ini tidak becus di kerjakan oleh pihak Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWSC).

Bahwa tanah Longsor yang terjadi di pinggiran Kali Citaurm, bahwa Masyarakat sekitar yang tinggal di pinggiran Tanggul Citarum ketakutan apabila terjadi Erosi di musim penghujan saat ini yang akan menimpa rumah mereka, karena pihak BBWSC sampai saat ini belum ada sikap untuk memperbaiki tanah yang Retak dan Longsor tersebut.

Sarino Kades Setia Jaya pekan lalu pernah memantau lokasi tanah Longsor di Tanggul Citarum tersebut mengatakan, seharusnya pihak BBWSC dapat segera memperbaiki tanah yang Longsor, karena saat ini lagi musim penghujan dan warga masyarakat resah dan khawatir apabila terjadi Longsor pada tanah di Tanggul Citarum akan menimpa rumah warga,” papar Sarino.

“Saya mengharapkan kepada pihak Pemerintah Daerah maupun Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWSC) dapat segara memperbaiki Tanggul Citarum yang ada di wilayah Desa Lenggah Jaya dan Desa Setia Jaya, Kecamatan Cabang Bungin,” ungkap Sarino.

Asep Buchori Camat Cabang Bungin pernah mengatakan, masalah teknis dan perbaikan itu adalah urusan pihak BBWSC untuk dapat segera memperbaiki Tanggul Citarum yang Longsor secepatnya dan karena Saya selalu berkordinasi dengan pak Doni selaku pihak BBWSC,” papar Asep Buchori.

Forum Badan Permuyawaratan Desa (F-BPD) Kecamatan Cabang Bungin meminta kepada Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWSC), dengan terjadinya Tanah Longsor di Kp.Tapak Serang RT.005 / RW.03, Desa Lenggah Jaya, Kecamatan Cabang Bungin, Kabupaten Bekasi, Masyarakat telah mengalami musibah akibat di terjang Air Hujan serta tertimbun tanah longsor,” kata Muhamad Syahroni Ketua Forum BPD Kecamatan Cabang Bungin pekan lalu.

“Kami atas nama Forum Badan Permuyawaratan Desa (F-BPD) Kecamatan Cabang Bungin berserta Warga Masyarakat mengharapkan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat maupun Pemerintah Pusat serta Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi agar dapat kiranya memberikan bantuan kepada warga yang terkena musibah Tanah Longsor di Kp.Tapak Serang di RT.005 / RW.03, Desa Lenggah Jaya, Kecamatan Cabang Bungin,” ujar Syahroni.

BN Holik Qodratullah Ketua DPR-D Kabupaten Bekasi menyarankan agar Kepala Desa Lenggah Jaya, Kecamatan Cabang Bungin segera dapat mengirimkan Surat ke Presiden Joko Widodo, agar Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWSC) dapat segera mengatasi tanah yang Longsor di Tanggul Sungai Citarum,” kata Holik Qodratullah, (17/1/22).

“Saya mengharapakan agar Kepala Desa dapat mengirim Surat kepada Bapak Presiden Joko Widodo, sebagai bentuk empati yang nyata dengan harapan apa yang menjadi kekauhatiran warga Masyarakat yang tinggal di Pinggiran Kali Citarum,” papar BN Kholik Qodratullah.

Ketua DPR-D Kabupaten Bekasi BN.Holik Qodratullah menjelaskan, bahwa kedatangan Forkopimda Kabupaten Bekasi adalah melihat bukti terjadinya Tanah Longsor di Tanggul Citarum, agar Eksekutif sudah mengirim Surat ke Kementerian, agar pihak BBWSC dapat segera tanggap dan memperbaiki Tanah Longsor yang berada di Tanggul Sungai Citarum wilayah Cabang Bungin,” ungkap Holik Qodratullah.

(Redaksi)

Posting Komentar

0 Komentar