Bupati Taput Drs.Nikson Nababan,M.Si Bersama Menteri Sosial RI Hadiri Launching Hari Kesehatian HKBP

Taput,Suaraperjuangan id - Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan M.Si didampingi Wakil Bupati Tapanuli Utara Sarlandy Hutabarat, SE, MM bersama Menteri Sosial Republik Indonesia Dr. (HC) Tri Rismaharini dan Ephorus HKBP Pdt. Dr. Robinson Butarbutar hadiri acara syukuran yang sekaligus pelaksanaan Launching Tahun Kesehatian HKBP bertempat di Kompleks Kantor Pusat HKBP Pearaja Tarutung. (Selasa, 04/01/2022). 
Dalam sambutannya, Bupati Nikson Nababan  mengucapkan terima kasih kepada Mensos Tri Rismaharini atas kunjungan beliau ke Tarutung untuk menghadiri acara Launching Hari Kesehatian HKBP. "Terima kasih buat arahannya Bu Risma, ada satu kerinduan kami bersama Ompui Ephorus HKBP, bahwa Tapanuli Raya ini tanah yang sangat diberkati Tuhan dimana orang-orangnya juga pekerja keras. Anakhon Ki Do Hamoraon di au (anakku sa) adalah filosofi orang Batak, apapun akan diperjuangkan agar anak-anak kami bisa sekolah setinggi-tingginya.  Namun,  Tapanuli Raya selalu dalam Peta Kemiskinan, untuk itu ibu Risma, saya sudah sampaikan proposal kita dan kami mohon dukungan ibu untuk pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya sebagai salah satu trigger pemicu pertumbuhan ekonomi di Tapanuli Utara,”ucap Bupati Nikson Nababan mengawali.

Bupati Taput juga menyatakan bahwa beliau fokus membangun Tapanuli Utara dimana desa-desanya belum merdeka, maka fokus anggaran adalah untuk perbaikan infrastruktur untuk kelancaran interkoneksi.

"Kalau Desa kuat Kota kuat Indonesia menjadi negara mandiri dan berdikari. Mohon doa dan dukungan dari masyarakat semua. pada kesempatan yang berbahagia ini, kami mengajak ibu dan bapak saudara sekalian, untuk bersatu padu, bahu-membahu, menumbuh-kembangkan budaya kerja keras, menghargai waktu, membangun rasa kebersamaan dan rasa turut memiliki hasil pembangunan di daerah kita ini, jika hal ini dapat kita berhasilkan secara optimal, dipadukan dengan semangat gotong-royong, maka yakin dan percayalah Bona Pasogit Kabupten Tapanuli Utara tercinta ini akan sukses melakukan lompatan demi lompatan menuju kemajuan dan kesejahteraan masyarakat," ujar Bupati Nikson Nababan mengakhiri.

Pada kesempatan yang sama Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan kata sambutannya. "Saya bersyukur Tuhan Yang mengatur sehingga saya bisa berada di sini. Saya atas nama Pemerintah Indonesia, Kami sangat berterima kasih sekali karena HKBP yang usianya lebih tua dari Negara kita, memberikan sumbangsih kepada saudara-saudara kita yang disabilitas dan saya berharap ini bisa diteruskan terutama untuk generasi muda. Kita dilahirkan berbeda-beda tetapi Tuhan adil karena masing-masing kita diberikan kelebihan meskipun ada kekurangan. Saya memohon kepada para pendeta, karena masih ada bullying dan olok-olok kepada anak-anak kita yang disabilitas, mulai sejak dini marilah kita mengajarkan anak-anak kita bahwa Tuhan menciptakan beraneka ragam mahklukNya dan tidak ada yang sempurna di muka bumi ini, karena itu juga saya  mulai kampanye di sekolah-sekolah bahwa tidak ada lagi perbedaan terutama anak-anak disabilitas," ucap Mensos Tri Rismaharini.

Selanjutnya Ompui Ephorus HKBP Pdt. Dr. Robinson Butarbutar mengucapkan terima kasih kepada Ibu Menteri Sosial. Beliau mengatakan bahwa Suatu kehormatan besar bagi  HKBP, ibu Menteri berkenan hadir, bukan kebetulan tapi diantara waktu ibu yang padat HKBP boleh mendapat bagian itu juga.

"Di hari bersejarah ini, kami sekaligus melaksanakan launching tahun ini (tahun 2022) menjadi TAHUN KESEHATIAN HKBP. Pada tahun kesehatian ini kami rencanakan agar di seluruh distrik pelayanan HKBP, pelayanan kepada kaum difabel di Indonesia melalui RBM akan semakin banyak, sehingga seluruh lapisan masyarakat akan bangga menjadi anak-anak bangsa.

Selain itu, kami juga sedang bekerja keras hingga kini untuk melakukan pendataan bagi jemaat HKBP yang terpinggirkan, dimana masih 923 orang yang dapat kami masukkan ke dalam data, dan masih ada 21 distrik HKBP yang sedang dilakukan pendataannya. Kami bercita-cita kiranya HKBP dan ibu Menteri dapat bergandengan tangan untuk mendorong serta mendukung usaha-usaha para difabel bersama-sama keluarga untuk terciptanya difabel yang berdaya; berdaya secara fisik, mental dan ekonomi," tutur Ompui Ephorus.

Ompui Ephorus juga mengucapkan Terima kasih kepada pemerintah bahwa melalui ibu Menteri Sosial telah terealisasi dana Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas (ASPD) dan dana Program Keluarga Harapan (PKH) bagi kaum difabel yang dulu sering disebut juga dengan sebutan BLT (Bantuan Langsung Tunai). Dana ASPD  atau program PKH tersebut diharapkan untuk lebih merata diperoleh oleh kaum papa dan tidak jatuh ke pangkuan orang-orang yang salah.

Turut hadir pada acara tersebut Forkopimda Taput, Sekda Drs. Indra Simaremare, M.Si, Ketua TP PKK Tapanuli Utara Satika Simamora, SE, MM.

(Riyo E.Nababan)

Posting Komentar

0 Komentar