Bang Riswan Pimpin PHDI Kota Medan

Medan,Suaraperjuangan.id - Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Sumatera Utara, Surya melantik dan mengukuhkan Matha Riswan, S.Pd.H., M.Psi menjadi Ketua PHDI Kota Medan antar waktu yang dilaksanakan di aula Wisma Shri Mariamman Kuil Pagaruyung No. 130 Medan, Senin (28/2).

Walikota Medan Bobby Nasution diwakili Kepala Kesbang Pol, H. Arjuna Sembiring mengawali sambutannya menyampaikan selamat HUT ke-63 PHDI yang memiliki visi luhur terwujudnya masyarakat Hindu yang sejahtera dan bahagia (jagadhita dan moksa) yang bersumber dari Kitab Suci Veda.

Dia juga mengharapkan kepada pengurus PHDI yang baru dilantik dapat menjalankan amanah dan tanggung jawab sesuai visi-misi organisasi, serta mampu menjadi bagian integral pengawasan sosial terhadap setiap kebijakan yang dilaksanakan Pemko Medan.

“Pemko juga berharap dukungan dari PHDI Medan dalam melaksanakan pembangunan untuk mewujudkan Medan Berkah, terutama pada 5 program prioritas, di antaranya peningkatan pelayanan kesehatan terutama Covid-19,  penanganan banjir, kebersihan dan infrastruktur,” kata Arjuna.

Pelantikan antar waktu berlangsung khidmat dihadiri pimpinan Shri Mariamman Kuil Pandita M Chandra Bose, Kapolrestabes diwakili Kasat Binmas, Dandim 0201/BS diwakili Danramil 01 Medan, Ketua PGI Kota Medan, Ketua Walubi Medan, Ketua Matakin Medan, Ketua Forkala Medan, Plt. penyelenggara Bimas Hindu Kementerian Agama Kota Medan serta sejumlah tokoh masyarakat Hindu lainnya.

Ketua PHDI Sumut, Surya dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas konsistensi PHDI Medan dalam memberikan pembinaan kepada umat. Dan ternyata seluruh program unggulan tersebut mendapat dukungan dari Walikota Medan.

Surya juga menyampaikan terima kasih atas proses kaderisasi yang telah diajarkan dengan sangat baik oleh Ketua Paruman Walaka, S. Siwaji Raja, ST, dan Ketua Umum Bpk. Mayjen TNI Purn Wisnu Bawa Tenaya, sehingga pada saat ini diberikan amanah untuk memimpin PHDI Sumut. 

Untuk itu, kata Surya diharapkan kepada pengurus PHDI Medan dapat menumbuh kembangkan wawasan, solidaritas serta keharmonisan internal dan eksternal, juga untuk menjaga nilai-nilai budaya Hindu yang berdasarkan kitab Suci Veda.

“Diharapkan PHDI senantiasa dapat mengaktualisasikan nilai nilai Tat Twam Asi dalam moderasi beragama menuju Indonesia tangguh,” kata Surya.

Sementara Ketua PHDI Medan, Matha Riswan, M. Psi didampingi Sekretaris Vijayndra, Bendahara Wiswenathan dan Ketua Paruman Walaka M. Kalidasen mengungkapkan, amanah memimpin organiasasi ini setelah Ketua sebelumnya, Surya terpilih secara aklamasi sebagai Ketua PHDI Sumut.

Bang Riswan juga meminta kepada Pemko Medan khususnya Kesbangpol dapat memberi perhatian serta perlindungan kepada umat Hindu warganegara India yang sedang melanjutkan pendidikan di daerah ini. “Jangan sampai ada tindakan anarkis dari pihak tertentu yang tidak jelas asal usulnya, demi keutuhan Medan yang telah terjaga dengan baik,” tegas Bang Riswan.

Dia juga meminta kepada seluruh umat Hindu dapat menjaga kondusifitas Kota Medan, serta tidak mudah terpancing isu isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaran nya.(Rudy) 

Posting Komentar

0 Komentar