Ketua UMKM Kadin Provinsi Sumatera Utara Mengukuhkan Dan Menyerahkan SK Kepengurusan UMKM Kadin Deli Serdang

Medan Sumut,suaraperjuangan.id-Ketua Umum Kadin Sumut Khairul Mahalli berharap agar pengurus Kadin Deli Serdang harus siap mencerdaskan pelaku UMKM menjadi UMKM Naik Kelas.

Kadin didirikan berdasarkan undang undang bukan dengan peraturan. Program Kadin mencerdaskan pelaku usaha terutama UMKM untuk mendorong ekonomi daerah.

Harapan itu disampaikan Ketua Umum Kadin Sumatera Utara, Khairul Mahalli dalam arahannya pada pelantikan Pengurus Kadin Deli Serdang Periode 2022-2027 di Medan Club, Sabtu 12/3/2022.Hadir dalam kesempatan itu Deputi Bank Tabungan Negara (BTN) Wilayah Medan, Eric Albert, para pengurus Kadin Sumut, Kadin Medan dan Kadin Deli Serdang.

Mahalli mengatakan tidak ada persoalan yang tak bisa diselesaikan. Maju terus pantang mundur. Fungsi Kadin, yaitu dagang industri dan Jasa. Karena itu semua Kadin Kabupaten/Kota harus memfasilitasi ekspor berbagai produk UMKM.

Yang penting kita jangan iri dan dengki. Jika ada sifat tersebut harus kita kikis habis. Kita maju ke depan memberdayakan semua potensi daerah yang ada. Seperti peternakan, pertanian, perikanan dan perumahan bagi masyarakat,” ujar Mahalli.

Kadin lanjutnya harus bekerja sama dengan stakeholder lainnya membangun rumah petani, nelayan, dan rumah guru . Berdayakan Kadin di didaerah masing masing. Jangan diam. Kadin harus membantu pemerintah. Namun pengurus Kadin jangan jadi kaum dhuafa meminta proyek. Tapi ciptakan proyek bermanfaat bagi masyarakat. Kadin harus peduli terhadap pembangunan ekonomi masyarakat di daerah.Mahalli melihat masih banyak produk UMKM yang harus di kembangkan seperti peternakan, pertanian, perikanan air tawar sektor bisnis lainnya. Siapkan lahan, bibit sapi Kadin Sumut yang sediakan. Bayangkan kebutuhan daging sapi di Sumut mencapai 100 ekor/per hari.Kadin yang sudah memberdayakan produk UMKM harus di pasarkanKadin ini berkarya untuk masyarakat. Kita ingin selamat dunia dan akhirat. Karena itu laksanakan amanah. Jangan cuma kegiatan seremionial dan bagi-bagi kartu nama. Kuala Namu itu bagaikan tambang emas tinggal bagaimana Kadin mengembangkan daerah ini. Mari kita bersatu. Konsep kita siap bekerja sama dan sama-sama bekerja,” pungkas Mahalli yang juga Ketua Umum DPP GPEI dan Ketua ASDEKI Sumut.

Sementara itu Ketua Kadin Deli Serdang Justralam Sembiring dalam sambutannya mengatakan Kadin merupakan wadah pembinaan pengusaha Indonesia.Kadin Deli Serdang menjadi aktor utama dan lembaga terdepan untuk menumbuhkan UMKM.

“Hal ini yang sering kita dengar pada arahan Ketua Umum DPP Kadin maupun Ketum Kadin Sumut yakni bagaimana meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.Suatu negara menjadi makmur apabila jumlah pengusaha mencapai dua persen dari jumlah penduduk. Saya rasa pengusaha Deli Serdang kurang dari 2 persen,” ucapnya.

Eric Albert,MBA Deputi BTN mengatakan perbankan harus bisa menyesuaikan dengan kemitraan bisnis, jika tidak akan tertinggal jauh. BTN memiliki sejumlah outlet di Medan.

“Kita berharap Kadin Deli Serdang dapat memajukan dan berdayagunakan anggotanya. BTN adalah bank umum yang memiliki aneka produk seperti modal kerja, KUR dan lainnya. Sebagai bank pemerintah kita diminta menyalurkan KUR,” kata dia.p

BTN sudah dikenal masyarakat sebagai bank yang membiayai properti dan berbagai sektor bisnis lainnya. BTN siap memajukan program Kadin UMKM. Naik Kelas. Banyak hal ke depan yang harus dikerjakan.

“Ke depan ini akan kita berdiskusi tentang bisnis dengan pengurus dan anggota Kadin. Tinggal telepon saja kami.Kami BTN menjadi kebanggaan bisa berinteraksi dengan Kadin. Nanti kita bahas sesuai dengan bisnis masing- masing,” harap Albert.

Adapun pengurus Kadin Deli Serdang yang dilantik terdiri Ketua Justralam Sebiring, Wakil Ketua Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Pemberitaan Taha Nuralam, Wakil Ketua Bidang Koperasi Sukadi Kagan,SH, Wakil Ketua Bidang Keuangan, Perbankan Karmila dan sejumlah wakil ketua' bidang lainnya  tutupnya  ".     (. Rahmadani ).

Posting Komentar

0 Komentar