Plt. Kadis PMD Dan Kadis Pariwisata Mandailing Natal Ikuti Giat Penanaman Mangrove Dengan PC. PMII Mandailing Natal

Panyabungan,SuaraPerjuangan.id - Dalam rangka Mermeriahkan Hari Ulang Tahun Mandailing Natal (HUT MADINA) yang ke- 23  sekaligus memperingati Hari Bhakti Rimbawan, mahasiswa dari Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC. PMII) Mandailing Natal menyelenggarakan kegiatan Rehabilitasi Mangrove di Desa Kun-kun, Kecamatan Natal, Mandailing Natal pada hari Minggu (13/03/2022).
Penanaman bibit Mangrove dalam kegiatan rehabilitasi ini lebih kurang 300 bibit pohon Mangrove dengan jenis Rhizophora MucronataRhizophora Mucronata ini merupakan salah satu jenis mangrove yang digunakan untuk rehabilitasi kawasan mangrove di kawasan pantai barat maupun pantai timur di Indonesia.

Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Drs.Parlin Lubis, AP. M.Si yang turut ambil bagian dalam giat rehabilitasi pohon Bakau (Mangrove) mengatakan, “Atas nama Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, PMD sebagai salah satu OPD yang membidangi pemerintahan desa sangat mendukung kegiatan adik-adik mahasiswa yang tergabung dalam PC. PMII Mandailing Natal”.

Lebih lanjut, Parlin Lubis mengatakan bahwa pemerintah telah menetapkan Indeks Desa Membangun (IDM) sebagai salah satu parameter untuk mengetahui perkembangan desa.

“Kegiatan Rehabilitasi Mangrove ini pun tidak lepas ataupun bagian dari upaya mencapai Indeks Ketahanan Lingkungan khususnya lingkungan pesisir pantai” tutur Parlin.

Berbicara lingkungan pesisir atau pantai tentu sangat berkaitan dengan Bakau (Mangrove) Biota laut, Terumbu karang, Rumput laut dan lainnya.

Tentu saja Mangrove sangat berperan penting selain penahan abrasi, Mangrove juga merupakan habitat hewan-hewan kecil serta berperan dalam rantai makanan Biota laut seperti Udang, Kepiting, maupun Kerang jenis lokan.Diakhir kegiatan, Plt. Kadis PMD Madina berharap agar desa-desa di wilayah pesisir pantai membuat kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan karakteristik atau potensi wilayah pesisir.

“Potensi yang ada di pesisir pantai cukup bagus untuk pemberdayaan masyarakat seperti Pelatihan pembenihan ikan, Budidaya Ikan dan Kepiting Bakau, Pembibitan Mangrove dan pemanfaatan tanaman Mangrove untuk berbagai inovasi” ungkap beliau di akhir kegiatan.

Turut hadir dalam giat Rehabilitasi Mangrove tersebut Plt. Kadis Pariwisata Mandailing Natal Ahmad Yasir Lubis, S.P, perwakilan TNBG, pihak KPH Wilayah IX, Kepala Desa Kun-kun Zaharuddin dan BPD Desa Kunkun serta beberapa warga Desa Kun-kun, Kecamatan Natal.(Redaksi)

Posting Komentar

0 Komentar