Surat Perintah Harian Ibu Megawati Soekarnoputri : Siaga Bencana

Jakarta,Suaraperjuangan.id - Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Megawati Soekarnoputri mengeluarkan surat perintah harian kepada seluruh kader Banteng terkait kesiapsiagaan menghadapi bencana.

Perintah pertama, setiap tanggal 26 di setiap bulannya, seluruh Kepala Daerah, Wakil Kepala Daerah, Pimpinan DPRD, Kader dan Anggota Partai di seluruh Indonesia untuk mengadakan Simulasi Penanganan Bencana, yang pelaksanaannya bekerja sama dengan instasi terkait penanganan bencana.

Kedua, khusus Kepala Daerah dari PDI Perjuangan dan/atau Struktural DPC/DPD PDI Perjuangan, harus dapat bekerja sama dengan BMKG, Dinas Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM, BNPB, Basarnas, perguruan tinggi, dan instansi pemerintah lainnya.

Ketiga, berdasarkan kajian pemetaan dan kerawanan bencana tersebut, PDI Perjuangan mendorong kebijakan tata ruang, desain bangunan tahan gempa, ketaatan terhadap pemenuhan ketentuan garis sepadan pantai, garis sepadan sungai, garis sepadan jalan dan garis sepadan bangunan.

Keempat, mendorong pelaksanaan kebijakan tas siaga bencana, desa sadar bencana, desa siaga bencana, dan penguatan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan dengan cadangan logistik yang diperlukan manakala terjadi bencana.

“Kelima, terus melakukan pemulihan lingkungan melalui gerakan penghijauan di hulu sungai dan restorasi lahan kritis,” demikian Ibu Megawati Soekarnoputri dalam perintah hariannya. (red) 


Posting Komentar

0 Komentar