Fraksi PKS DPRD Sumut Perjuangkan Calon Jamaah Haji Usia 65 Tahun Keatas Di Musim Haji 2023

MEDAN,Suaraperjuangan.id - Fraksi PKS DPRD Sumut siap memperjuangkan para calon jamaah haji (calhaj) lanjut usia (lansia) berusia 65 tahun ke atas untuk dapat berangkat ke Mekah, pada musim haji 2023. Ujar Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD Sumut, Hendro Susanto diruang fraksi Rabu (27-072022).

"Kita perjuangkan agar para orangtua kita berusia 65-an ke atas, terutama  yang belum berangkat haji, dapat menunaikan rukun Islam kelima itu tahun depan,"  ujar dia.

Anggota Komisi E itu merespon hasil resesnya di Dapil XII yang meliputi Binjai-Langkat pekan lalu,  dengan menerima keluhan dari warga berusia 60-an yang menyampaikan keinginan beribadah haji.

Keinginan itu tahun 2022 ini  belum dapat terealisasi karena dari kuota yang diberikan sebanyak 100.000 oleh pemerintah Arab Saudi secara nasional, Sumut memperoleh jatah 3.777 orang. 

Namun Arab Saudi kemudian mengeluarkan aturan pembatasan usia calon haji (calhaj) lansia 65 tahun ke atas tidak diperkenankan berhaji karena masih dalam massa pandemi Covid-19.

Menyikapi ini, Hendro dapat memahami aturan yang dikeluarkan Arab Saudi, namun pihaknya terus memperjuangkan melalui Fraksi PKS di DPR RI, Kementrian Agama dan Komisi VIII yang membidangi masalah haji.

"Intinya kita minta umur lansia tidak dibatasi lagi,  asal mereka menjaga protokol kesehatan (prokes)," kata mantan Ketua Komisi A DPRD Sumut ini.

Seiring dengan perjuangan PKS itu, Hendro menyebutkan, pihaknya juga akan mencermati perkembangan pandemi Covid-19, yang diharapkan terus melandai. "Kalau angkanya di bawah 10 persen, Insha Allah calhaj lansia kita harapkan bisa berangkat," jelasnya.

Apresiasi Tim Kesehatan

Terkait dengan lancarnya proses pemulangan jamaah haji terutama yang berasal dari Sumut, Hendro menyampaikan apresiasi kepada tim kesehatan yang telah berjuang keras menunaikan tugasnya di Mekah selama musim haji 2022 ini.

"Terutama sekali tentu saja kepada Kanwil Kemenag dan jajarannya di Sumut, yang sudah bekerja keras sehingga mulai dari keberangkatan hingga kembali ke Tanah AIr, berjalan aman dan lancar," katanya.

Selain itu, apresiasi patut disampaikan kepada tim kesehatan dan jajarannya yang ikut mengedukasi, membimbing dan menuntun jamaah agar menjaga kesehatan mereka selama di Mekah. 

"Keberhasilan itu terlihat dari laporan 392 jemaah Medan  yang tergabung dalam Kelompok Terbang 4 yang tiba di Kualanamu, Selasa (26/7), seluruhnya negatif Covid-19, setelah menjalani swab antigen. Dan kita doakan seluruh jamaah lainya juga negatif Covid-19," pungkasnya. (Mashuri L)

Posting Komentar

0 Komentar