Ketua DPRD Kota Medan Hasyim SE Laksanakan Raker Penyusunan Program Kerja DPRD Kota Medan TA 2023 di Sibolangit

SIBOLANGIT,Suaraperjuangan.id -  Ketua DPRD Medan Hasyim SE laksanakan Rapat Kerja (Raker) dalam rangka penyusunan program kerja DPRD kota Medan TA 2023 di The Hikk Hotel and Resort Sibolangit Kabupaten Deli Serdang Minggu 17/7/2022.

Hasyim SE mengatakan anggota dewan senantiasa melakukan pendampingan dengan pemerintah dan masyarakat untuk bangkit bersama-sama dan keluar dari dampak pandemi Covid-19 yang melanda seluruh sektor kehidupan, ucapnya.

Raker bertema ‘Optimalisasi dan Penyelarasan Tri Fungsi Dewan Melalui Program Kerja DPRD untuk Mewujudkan Medan Kota Kolaborasi yang Berkah, Maju dan Kondusif’ ini, berlangsung selama 3 hari, yakni mulai tanggal 17 hingga 19 Juli 2022, yang di buka wakil Walikota Medan Aulia Rahman. 

Hasyim juga mengatakan Raker bertujuan membahas rencana kerja Tahun Anggaran 2023, revitalisasi sekaligus optimalisasi tugas dan fungsi DPRD Kota Medan sebagai presentasi perwakilan warga Kota Medan, untuk mewujudkan Medan menjadi kota yang berkah, maju dan kondusif.

“Rapat Kerja ini merupakan sarana komunikasi dan memperkuat sinergitas DPRD Kota Medan dengan Pemko Medan, melalui program kerja yang menguatkan Tri Fungsi dewan, termasuk fungsi penganggaran,” lanjut Hasyim.

Sebagai lembaga kerakyatan, DPRD Kota Medan senantiasa mendorong dan mendukung Pemko Medan untuk tetap proaktif mensejahterakan masyarakat dan meningkatkan pelayanan publik.

Selanjutnya terkait penguatan fungsi pengawasan, politisi PDI Perjuangan ini mengungkapkan hal itu terlihat melalui pengawasan terhadap implementasi peraturan daerah dan pelaksanaan APBD, pengawasan terhadap berbagai urusan pemerintahan dan pengawasan tindak lanjut hasil pemeriksaan laporan keuangan oleh BPK. 

Begitu juga dengan penguatan fungsi pembentukan Peraturan Daerah (Perda), di mana dewan harus bertindak secara maksimal, baik dalam hal perencanaan perda inisiatif serta revisi perda yang sudah kadaluarsa, dengan langkah pengkajian akademis untuk menghasilkan perda yang berkualitas,ungkapnya lagi. 

“Termasuk juga dalam rapat kerja ini, membahas peningkatan kapasitas dan optimalisasi DPRD Kota Medan, menyerap dan menghimpun aspirasi masyarakat, baik melalui pelaksanaan sosialisasi produk hukum daerah maupun proses yang dilakukan segenap anggota dewan  di daerah pemilihan (dapil) masing-masing,” katanya.

Tak lupa Hasyim mengucapkan terima kasih kepada narasumber yang berkenan hadir dan menyampaikan meteri seputar kedewanan yakni Bapak Agusyah Damanik ketua KPU Medan, Bapak Mukzijat dari Kemendagri dan Bapak Iwan Iswanto Hardian Kepala ULP BPK RI. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar