Pelindo Multi Terminal Dukung Pengembangan dan Pemberdayaan UMKM Lewat Kegiatan Santripreneur Business Meeting

MEDAN, Suaraperjuangan.id - 20 Mei 2023 - Sebagai wujud kepedulian terhadap pengembangan dan pemberdayaan UMKM, PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) sebagai sub holding PT Pelabuhan Indonesia terus berkomitmen dalam menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), dengan melaksanakan kegiatan Santripreneur Business Meeting yang berlangsung pada Kamis, 11 Mei 2023 di Tangerang Selatan.

VP TJSL PT Pelindo Multi Terminal, Fatimah Zuhra menerangkan, kegiatan Santripreneur Business Meeting ini merupakan bagian dari tujuan program TJSL khususnya di bidang pengembangan dan pemberdayaan UMKM. 

"Kami harapkan kegiatan ini mampu meningkatkan potensi pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha. Selain juga bertujuan untuk merevitalisasi kegiatan bisnis UMKM dan user tentang penataan sistem manajemen bisnis," terang Fatimah. 

Dalam aktivitasnya, kegiatan Santripreneur Business Meeting ini juga menyelenggarakan pelatihan dan pendampingan pemasaran produk entrepreneurship berbasis digital. 

Terkait program TJSL PT Pelindo Multi Terminal, dijelaskan Farid Chairmawan selaku VP Komunikasi Korporasi PT Pelindo Multi Terminal, pengembangan UMK menjadi salah satu dari tiga fokus utama TJSL perusahaan dan Pelindo Group, yaitu Lingkungan, Pendidikan, dan Pengembangan UMKM. 

"Terlaksananya kegiatan Santripreneur Business Meeting ini juga menjadi bentuk atas wujud kepedulian SPMT dalam membangun ekonomi untuk mensejahterakan masyarakat," ucap Farid.  

Disebutkan Farid, kegiatan Santripreneur Business Meeting ini setidaknya dihadiri 50 (lima puluh) pelaku UMKM sebagai peserta, dan juga dihadiri narasumber dan tamu undangan dari berbagai profesi seperti pengusaha, perbankan, akademisi, serta pemerintah daerah. 

Sementara itu Arif Sudrajat selaku Ketua Santripreneur Indonesia menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada PT Pelindo Multi Terminal atas terlaksananya kegiatan Santripreneur Business Meeting ini. 

"Sebagai salah satu lembaga yang mendorong pelaku UMKM melakukan revitalisasi kegiatan bisnisnya, Santripreneur Indonesia sangat berterima kasih kepada PT Pelindo Multi Terminal karena telah melakasanakan kegiatan Santripreneur Business Meeting ini sebagai upaya untuk membangun ekonomi negeri," ungkap Arif. 

Ditambahkan Farid juga, SPMT berharap kegiatan ini mampu membangkitkan pelaku UMKM untuk dapat mengembangkan usaha yang sudah dijalankan. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan mampu mempromosikan gerakan ekonomi kerakyatan berbasis UMKM yang inovatif, progresif dan berdaya saing.

"Subholding Pelindo Multi Terminal tetap berkomitmen untuk dapat mengambil peran dan bagian dalam ketiga program dimaksud untuk memberikan manfaat lebih baik bagi masyarakat, khususnya di wilayah kerja perusahaan," pungkas Farid.

Pelindo Multi Terminal (SPMT) merupakan Sub-Holding PT Pelindo (Persero) yang fokus pada pengelolaan operasional terminal non-petikemas/multipurpose. SPMT dalam kegiatan operasionalnya mengelola 10 Branch yang tersebar di wilayah Sumatera yaitu di Belawan dan Dumai, pulau Jawa seperti Jamrud Nilam Mirah, Tanjung Intan, Tanjung Wangi, di Kalimantan yaitu Bagendang, Bumiharjo, Trisakti dan Balikpapan serta di Pulau Sulawesi berada di Makassar.

SPMT saat ini juga mengelola 3 Anak Perusahaan, yaitu PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP), PT Indonesia Kendaraan Terminal, Tbk. (IPCC) yang merupakan terminal kendaraan terbesar di ASEAN, dan PT Terminal Curah Utama (TCU). (Samsul B) 

Posting Komentar

0 Komentar